Inilah 25 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 25 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh - Sudah pernah makan buah semangka kan? pastinya pernah dong! Yang akan kita bahas pada artikel ini adalah 25 manfaat buah semangka.

Buah Semangka

Tak disangka buah yang memiliki kandungan air sebanyak 90% itu memiliki banyak khasiat. Perlu anda ketahui banyaknya manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh manusia. Inilah ke 25 manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh.

25 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

1. Menambah daya ingat
likopen yang terkandung pada buah semangka dapat membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat manusia.

2. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan dalam semangka dapat mengurangi deposito radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit.

3. Melembapkan kulit
Semangka adalah buah berair yang membuat tubuh dan kulit terhidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit.

4. Mengurangi timbunan minyak pada kulit
Semangka mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

5. Meremajakan kulit
Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari semangka. Menggunakan semangka sebagai dapat meremajakan dan merevitalisasi kulit yang kusam.

6. Obat jerawat
Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

7. Mencegah Dehidrasi
Semangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 90% air. Tak salah, buah ini sangat ampuh untuk mencegah dehidrasi.

8. Sarana Untuk Diet
Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah.

9. Solusi Penyakit Hipertensi
Kenapa semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Itu karena kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.

10. Sebagai Buah Anti Kanker
Di dalam semangka terdapat likopen. likopen dalam semangka mampu mencegahnya resiko kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus dan kanker prostat.

11. Menyegarkan kulit
Buah semangka memiliki zat alami yang dapat mengubah penampilan kulit. Dikarenakan semangka memiliki banyak kandungan air. Maka buah ini juga dapat melembabkan kulit anda.

12. Semangka Sebagai Buah Kuat Untuk Pria
Semangka dapat meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tidak memiliki efek samping.

13. Semangka juga mempergiat kerja jantung
Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.

14. Menjaga Kesehatan Tubuh
Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

15. Memperlancar Buang Air Kecil
Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.

16. Sumber Vitamin C yang Tinggi
Buah semangka dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh karena kandungan vitamin C dalam buah semangka sangat tinggi.

17. Menjaga Kesehatan Mata
Buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan provitamin A.

18. Menyembuhkan Penyakit Kolesterol
Buah semangka baik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena buah ini dapat mengurangi dan membantu mengeluarkan kadar kolesterol dari tubuh manusia.

19. Menyehatkan Ginjal
Biji semangka kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

20. Semangka Bisa Dipakai Untuk Menurunkan Demam.
Semangka kaya akan air yang mampu menurunkan panas ditubuh. Disamping kaya akan air buah semangka juga mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin A yang dapat menyehatkan mata dan vitamin C yang menjaga daya tahan tubuh. Dan satu lagi buah semangka juga mengandung betakaroten yang dapat menjauhkan tubuh dari infeksi virus.

21. Sebagai Pelumas Usus Dan Anti Radang
Kulit buah dan dagingnya yang rasanya manis, sifatnya dingin, berhubungan ke meridian jantung, lambung dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh saat cuaca panas, peluruh kencing (diuretic), anti radang, pelumas usus, danmenghilangkan haus.

22. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh.
Semangka merupakan makanan sehat yang dapat menyembuhkan sariawan di mulut. Buah ini dapat membantu karena kandungan vitamin C dalam buah semangka sangat tinggi.

23. Mengobati Diabetes
Kandungan arginin yang tinggi pada semangka dapat membantu mengobati diabetes. Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes.

24. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah
Semangka dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Peneliti menemukan bahwa citrulline dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yaitu molekul gas yang membantu memperluas dan melebarkan pembuluh darah.

25. Menyegarkan tubuh
Seperti halnya mencegah dehidrasi, semangka juga dapat menyegarkan tubuh kususnya pada tenggorokan yang kering.

Itulah 25 Manfaat semangka bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi semangka secara teratur dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Semoga bermanfaat.
Suka artikel ini ?

About Unknown

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Mohon masukan saran/kritik anda. Bila ada kesulitan, silakan bertanya